Arizal, Kurniawan and Kustiawan, Kustiawan and Handrizal, Handrizal (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LINGGA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Arizal Kurniawan_150565201027_Ilmu Pemerintahan - 150565201027 Arizal Kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Implementasi program pengembangan pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan untuk datang ke Kabupaten Lingga sangat penting selain mampu meningkatkan perekonomian masyarakat juga berpengaruh kepada Pemerintah Daerah dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program pengembangan pemasaran pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan mengolah data dari wawancara Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga dan Masyarakat Kabupaten Lingga, observasi lapangan serta berkas – berkas data yang diperoleh secara langsung. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa implementasi program pengembangan pemasaran pariwisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga sudah berjalan dengan baik. Menggunakan teori dari Sumaryadi (2010) tentang unsur – unsur dalam implementasi kebijakan, yaitu : Proses, Tujuan dan Hasil atau Dampak yang mana pada pelaksanaan program pengembangan pariwisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga telah menjalankan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan dan pemasaran pariwisata Kabupaten Lingga, sehingga mampu berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah berupa Pendapatan Asli Daerah. Hasil penelitian pada unsur proses ditemukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga mampu menjalankan segala kegiatan dalam pelaksanaan program pengembangan pemasaran pariwisata. Kemudian unsur tujuan adalah Dinas Pariwisata memiliki target tujuan yang ingin dicapai melalui detinasi, promosi, kelembagaan, dan industri yang jika kesemua tercapai menjadi keberhasilan pemanfaatan potensi daerah. Serta unsur hasil atau dampak yaitu peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang menandakan berhasilnya pelaksanaan program pengembangan pemasaran pariwisata di Kabupaten Lingga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 302.2 Communication/Komunikasi 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 353.7 Administration of Culture and Related Activities/Departemen Kebudayaan dan yang Berkaitan 300. Ilmu Sosial > 380. Perdagangan, Komunikasi, Transportasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 13 May 2022 04:00 |
Last Modified: | 13 May 2022 04:00 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |