Dwi, Kurniawati and Kustiawan, Kustiawan and Nazaki, Nazaki (2022) EVALUASI PEMBENTUKAN KECAMATAN BARU DI KECAMATAN KATANG BIDARE KABUPATEN LINGGA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Dwi Kurniawati_170565201043_Ilmu Pemerintahan - 170565201043 Dwi Kurniawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembentukan Kecamatan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat selain adanya pelaksanaan otonomi daerah yang menjadi dasar pelaksanaan pemekaran Kecamatan Katang Bidare. Masyarakat merasa tidak maksimalnya kualitas pelayanan publik, dan persoalan yang selama ini terjadi sebelum pisahnya Katang Bidare dari Kecamatan Senayang tentang akses jarak tempuh, ini menjadi salah satu alasan Pembentukan Kecamatan Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberhasilan peningkatan pelayanan publik pasca pembentukan kecamatan baru di kecamatan katang bidare kabupaten lingga. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Pembentukan Kecamatan Katang Bidare sudah terealisasi dan diterima oleh masyarakat. Berdampak mendapatkan pelayanan yang lebih mudah dengan rentang kendali yang lebih pendek. Efektivitas dari segi pelayanan setelah adanya Pembentukan Kecamatan Baru dapat diketahui masyarakat memberikan respon positif terkait urusan pelayanan Publik dimana urusan pelayanan menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Efisiensi dari pihak pemerintah sudah melakukan usaha dengan semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, untuk hasil puas atau tidaknya kembali lagi ke pandangan yang diberikan oleh masyarakat.Untuk poin pemerataan, pelaksanaan kebijakan di daerah Kecamatan Katang Bidare ini belum adil menurut pendapat masyarakat, karena sasaran kebijakan publik tidak diberikan secara merata. Responsivitas disini pihak pemerintah merasa sudah memberikan yang terbaik kepada masyarakat hanya saja terkendala di anggaran. Namun menururt masyarakat mereka tidak puas dengan pelayanan publik yang ada karena mereka merasa pelayanan yang baik hanya diberikan kepada golongan tertentu saja. Responsivitas disini pihak pemerintah merasa sudah memberikan yang terbaik kepada masyarakat, namun menururt masyarakat mereka tidak puas dengan pelayanan publik yang ada karena mereka merasa pelayanan yang baik hanya diberikan kepada golongan tertentu saja. Pelayanan masyarakat dapat dikategorikan cukup apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, biaya murah, cepat, tepat, memuaskan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 13 May 2022 04:27 |
Last Modified: | 13 May 2022 04:27 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2722 |
Actions (login required)
View Item |