Ira Purnama, Sari and Myrna, Sofia and Nurhasanah, Nurhasanah (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN PENGUNGKAPAN MEDIATERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
SKRIPSI IRA PURNAMA SARI 150461201026-FE-2019.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan pengungkapan media terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan pengungkapan media sedangkan variabel dependennya yaitu pengungkapan corporate social responsibility. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2017 yang berjumlah 133 perusahaan. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu memilih sampel berdasarkan kriteria - kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki oleh peneliti. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 47 perusahaan dengan pengamatan selama 4 tahun sehingga terpilih sebanyak 188 obyek pengamatan. penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program spss. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang diukur menggunakan log natural, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang diukur menggunakan ROA, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang diukur menggunakan DER, ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang diukur menggunakan banyaknya jumlah anggota dewan komisaris, pengungkapan media berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang diukur menggunakan variabel dummy
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 670 - 679 Manufacturing (Pabrik-pabrik, Manufaktur) 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 680 - 689 Manufacture of Products for Specific Uses (Produksi untuk Keperluan Khusus) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | admin fekon |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 06:43 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 06:43 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/273 |
Actions (login required)
View Item |