Wita, Safitri and Kustiawan, Kustiawan and Novi, Winarti (2022) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA EFEKTIVITAS PELAYANAN TERMINAL SUNGAI CARANG KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Wita Safitri_160565201031_Ilmu Pemerintahan - Wita Safitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kota Tanjungpinang merupakan ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau sebagai pusat sentral pemerintahan, Pemerintah khususnya Kota Tanjungpinang terus berusaha memberikan pelayanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas bagi masyarakat. Terminal Sungai Carang merupakan Terminal tipe B yang melayani rute angkutan umum dan jasa dalam dan antar kota. jika kendaraan umum dan jasa ini tidak ditata, diatur dengan baik, akan menimbulkan kemacetan pada jalan-jalan umum mengingat Kota Tanjungpinang. Mengenai pelayanan dan pengoperasian terminal Sungai Carang Kota Tanjungpinang tidak berjalan sebagaimana fungsinya, ini terlihat dari sepinya angkutan umum dan jasa yang parkir di jalanjalan umum padahal Terminal Sungai Carang. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui hambatan dan kendala dalam mengoptimalisasikan fungsi Terminal Sungai Carang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi terkait dengan Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Efektivitas Pelayanan Terminal Sungai Carang Kota Tanjungpinang. Data yang di dapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori Jones dalam Purwanto (2007 : 43) yaitu pendekatan sumber eksternal, pendekatan sumber internal, pendekatan pendukung teknis. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan Terminal Sungai Carang belum berjalan secara efektif. Adapun faktor Mempengaruhi Rendahnya Efektivitas Pelayanan Terminal Sungai Carang Kota Tanjungpinang terlihat dari empat indikator yaitu pendekatan sumber eksternal faktornya masih minimnya angkutan umum yang beroperasi di terminal, pendekatan sumber internal faktornya kurangnya informatif dari pegawai dishub dalam menggunakan media penyelengaaran sosialisasi kepada masyarakat, pendekatan pendukung teknis faktornya adalah kurangnya penggunaan dan pengawasan sarana dan prasarana dari pegawai dishub dan pasrtisipasi masyarakat faktornya adalah kurangnya minat masyarakat dalam penggunaan angkutan umum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 380. Perdagangan, Komunikasi, Transportasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 13 May 2022 07:07 |
Last Modified: | 13 May 2022 07:07 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2743 |
Actions (login required)
View Item |