Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI UNTUK PEMBINAAN USAHA MIKRO DI KOTA TANJUNGPINANG

ANNISA, FITRI and Agus, Hendrayady and Jamhur, Poti (2022) STRATEGI PEMASARAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI UNTUK PEMBINAAN USAHA MIKRO DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Annisa Fitri_170563201045_Ilmu Administrasi Negara - 170563201045 Annisa Fitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pelaku Usaha Mikro di kota Tanjungpinang memiliki beraneka ragam dalam menjualkan produksi. Pelaku Usaha mikro menjadi peran penting dalam meningkatkan pendapatan daerah, Namun semenjak kehadiran kasus Covid-19 yang membuat perekonomian mereka semakin menurun dan menjadi tidak berkembang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Pembinaan Usaha Mikro Di Kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 Indikator dari Kotler & Armstrong (2008) yaitu : 1) Pada indikator produk belum optimal karena masih terdapat kesulitan pada bahan baku, modal, fasilitas sarana dan prasarana yang tidak memadai untuk jualan online. 2) Pada indikator harga sudah optimal dan bisa dipahami pelaku usaha mikro karena mengikuti harga bahan pokok yang akan dijual.3) Pada Indikator Tempat sudah optimal karena ada di fasilitasi oleh pihak dinas perdagangan dan perindustrian mengikut sertakan pelaku usaha mikro melalui bazar kegiatan acara. 4) Pada indikator Promosi belum optimal dilakukan karena masih terdapat kesulitan dalam mengembangkan produk mereka dan membutuhkan pelatihan atau pembinaan media khusus dari Pemerintah terkait penjualan secara online yang efektif. Kesimpulan dalam Strategi Pemasaran dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu ada beberapa indikator yang sudah berjalan secara optimal dan indikator yang masih menjadi kendala yaitu kurangnya modal dam sarana prasana yang memadai dan kurangnya kegiatan pelatihan atau sosialisasi yang dilakukan pihak dinas mengenai pemasaran berbasis online.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha
300. Ilmu Sosial > 380. Perdagangan, Komunikasi, Transportasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 17 May 2022 01:26
Last Modified: 17 May 2022 01:26
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item