Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PEMADAM KEBAKARAN TANJUNG UBAN DALAM MENANGGULANGI KEJADIAN KEBAKARAN

DEA, OKTAFIA and Adji, Suradji Muhammad and Okparizan, Okparizan (2022) KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PEMADAM KEBAKARAN TANJUNG UBAN DALAM MENANGGULANGI KEJADIAN KEBAKARAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Dea Oktafia_170563201067_ilmu Administrasi Negara_pdf - 170563201067 Dea Oktafia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Permasalahan mengenai kualitas pelayanan yang terdapat di UPTD Pemadam Kebakaran Tanjung Uban yaitu tidak tersedia nya pos pemadam kebakaran di setiap Kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kualitas pelayanan serta faktor penghambat dalam kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Tanjung Uban Kabupaten Bintan. Menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teori Sinambela. Unsur pelaksana teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam melaksanakan teknis operasional pemadam kebakaran di Kabupaten Bintan secara detail mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 38 tahun 2019 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Pada Dinas Penanggulangan Bencana Kabupaten Bintan. Hasil penelitian dinilai dari indikatornya, (1) pada Transparansi, pihak UPTD Damkar Tanjung Uban sudah transparan kepada masyarakat, yang mana tidak menerapkan prosedur pelayanan yang berbeda. (2) Akuntabilitas, pelayanan yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku belum maksimal dikarenakan faktor sumber daya belum tersedia sesuai kebutuhan yang dibutuhkan. (3) Kondisional, pihak UPTD Tanjung Uban dalam melakukan pelayanan yang tepat belum terlaksana dengan maksimal. (4) Partisipatif, keterlibatan masyarakat dalam partisipasi pelayanan belum maksimal, Dikarenakan belum merata nya masyarakat yang mengikuti kegiatan. (5) Kesamaan Hak, dalam praktek pelaksanaannya sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak memandang status sosial masyarakat nya. (6) Keseimbangan Hak dan Kewajiban, sudah maksimal karena selalu merespon laporan pengaduan dari masyarakat mengenai kejadian kebakaran. Berdasarkan analisis kualitas pelayanan UPTD Damkar Tanjung Uban dalam menanggulangi kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bintan masih terhambat oleh sumber daya manusia, finansial, sarana prasarana yang terbatas. Kemudian minimnya dukungan dari badan pelaksana, dan akses jalan yang sulit dilalui. Kesimpulan dari penelitian ini yakni bahwa kualitas pelayanan di UPTD Damkar Tanjung Uban dalam menanggulangi kejadian kebakaran di Kabupaten Bintan masih belum terlaksana dengan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 363.3495 Earthquake Disaster Services/Pengamanan dari Bencana Alam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 17 May 2022 01:42
Last Modified: 17 May 2022 01:42
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item