Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH TAHUN 2020/2021 PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA TANJUNGPINANG

DJODI ARI, ANDIKA and Agus, Hendrayady and Okparizan, Okparizan (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH TAHUN 2020/2021 PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Djodi Ari Andika_170563201091_IAN - 170563201091 Djodi Ari Andika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pembelajaran jarak jauh dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109 Tahun 2003, adalah proses belajar-mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi yang selanjutnya disingkat PJJ. Beberapa fenomuena masalah yang ada yakni minimnya jaringan pada beberapa tempat, salah satu tempat yang peneliti temukan yakni KM.10 tepatnya berada dibelakang vihara patung seribu. Dan salah satunya juga pada peserta didik yang sulit memahami materi yang diberikan oleh guru baik khususnya pada tingkat SMK yang notabene lebih mudah dipahami apabila dengan praktik langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh pada tingkat sekolah menegah kejuruan di kota Tanjungpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yakni wawancara bersama 9 (sembilan) orang informan serta melakukan observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian implementasi PJJ ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Merille S. Grindle dengan 2 (dua) indikator utama, yakni Isi Kebijakan dan Liingkungan Kebijakan. Dalam indikator isi kebijakan, kebijakan PJJ yang berjalan memang tidak selalu baku, dalam artian kebijakan ini terus mendapat evaluasi agar mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi diberbagao daerah yang tentunya berbeda beda. Selanjutnya lingkungan implementasi dalam kebijakan ini mendukung sepenuhnya dengan pelaksanaan kebijakan ini, dan dapat dilihat juga dari implementor yang mengimplementasikan kebijakan dengan ketentuan yang berlaku. Kesimpulan penelitian ini adalahimplementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara umum sudah berjalan dengan maksud dan tujuan kebijakan, hanya saja kebijakan PJJ ini tidak sepenuhnya efektif jika diterapkan pada tingkat SMK secara penuh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 17 May 2022 02:20
Last Modified: 17 May 2022 02:20
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item View Item