Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI PEMASARAN SEKTOR PUBLIK PADA INDUSTRI KEPARIWISATAAN OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN BINTAN DIMASA NEW NORMAL

ELVI, KHAIRINI and Edison, Edison and Okparizan, Okparizan (2022) STRATEGI PEMASARAN SEKTOR PUBLIK PADA INDUSTRI KEPARIWISATAAN OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN BINTAN DIMASA NEW NORMAL. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Elvi Khairini_170563201020_Ilmu Administrasi Negara - Copy - 170563201020 Elvi Khairini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Pandemi cobid-19 saat ini melanda dunia termasuk Indonesia, sehingga menimbulkan berbagai dampak salah satunya dalam sektor pariwisata termasuk pariwisata yang ada di Kabupaten Bintan yang mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan yang signifikan. Oleh sebab itu, perlunya strategi pemasaran untuk meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan pada masa new normal sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran sektor publik pada industri kepariwisataan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu mempersiapkan instrument data, pengumpulan data, analisis data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran sektor publik pada industri kepariwisataan yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan dimasa pandemi covid-19 yaitu menggunakan marketing mix 4p (product, price, promotion, place). Produk pariwisata yang ditetapkan dan di kembangkan oleh pelaku-pelaku pariwisata sangat beragam. Penentuan harga dilakukan dengan mengedepankan harga yang layak sesuai dengan kualitas produk wisata yang ditawarkan. Promosi yang dilakukan oleh pelaku-pelaku wisata dimasa pandemi dengan menggunakan media digital. Lokasinya sangat strategis mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin berkunjung dan aksesibilitasnya mudah dijangkau untuk jenis kendaraan apapun. Strategi pemasaran yang dapat di nikmati oleh wisatawan dimasa new normal ini dengan produk wisata yang harganya terjangkau dan lokasinya yang strategis serta wisatawan dapat melihat produk wisata yang ingin dikunjungi lewat media digital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 900. Geografi dan Sejarah > 910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 31 May 2022 04:28
Last Modified: 31 May 2022 04:28
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item