HANDRATNA, RINDIANI and Hendrayady, Agus and Poti, Jamhur (2022) INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT PADA KANTOR PENGADILAN AGAMA TANJUNG BALAI KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RINDIANI HANDRATNA_180563201063_ILMU ADMINISTRASI NEGARA-Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
RINDIANI HANDRATNA_180563201063_ILMU ADMINISTRASI NEGARA-Abstrak.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (BAB I)
RINDIANI HANDRATNA_180563201063_ILMU ADMINISTRASI NEGARA-BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RINDIANI HANDRATNA_180563201063_ILMU ADMINISTRASI NEGARA-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text (Full Text)
RINDIANI HANDRATNA_180563201063_ILMU ADMINISTRASI NEGARA-Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam wacana Reveinting (menciptakan kembali) pemerintah sebagian besar di fokuskan pada konseptualitasi ulang pemerintah untuk mendefinisikan kembali peran pemerintah dalam tata kelola masyarakat yang bertujuan untuk membuat pemerintahan yang lebih efektif dan memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan yang lebih efektifdan efisien dengan biaya yang lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab program inovasi pelayanan publik berbasis e-government pada Kantor pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dalam mengurai data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Atribut Inovasi dari Rogers (1983) dalam Suwarno (2008) dengan indikator Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan,Kemungkinan di coba, dan Kemudahan Diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: wujud inovasi pelayanan publik berbasis Elektronic Government pada Kantor Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun memiliki 10 inovasi yaitu, SINTER (Sistem Informasi Terpadu), Validasi Akta Cerai, ESKM (Elektronik Survey kepuasan Masyarakat), ASVI (Asisten Virtual), Si Guelis (Sistem Gugatan Elektronik 15 Menit), E-BUMU (Elektronik Buku Tamu), Hipnotis (Hitung Panjar Biaya Perkara Otomatis), Radius Panggilan, Walkthrue. Namun dalam pelaksanaan inovasi pelayanan publik berbasis electronic government ini belum berjalan secara optimal dikarenakan terbatasnya anggaran yang dimiliki, jaringan yang terkadang tidak stabil dan masyarakat yang terkadang masih ada masyarakat yang masih belum memahami hal di bidang teknologi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 01:37 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2022 01:37 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2886 |
Actions (login required)
View Item |