Andika, Andika and Abdul, Malik and Wahyu, Indrayatti (2019) EKRANISASI NOVEL KE DALAM BENTUK FILM RUMAH TANPA JENDELA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
EKRANISASI NOVEL KE DALAM BENTUK FILM RUMAH TANPA JENDELA_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses ekranisasi yang muncul pada alur, tokoh, dan latar dalam novel dan film Rumah Tanpa Jendela. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia dan film Rumah Tanpa Jendela sutradara Aditya Gumay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses ekranisasi yang muncul pada alur, tokoh, dan latar dalam novel dan film Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia dan sutradara Aditya Gumay. Data diperoleh dari novel dan film menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Skripsi ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah ekranisasi yang muncul pada alur, tokoh, dan latar dalam novel dan film. (1) Perubahan pada alur dalam novel dan film. Pada novel maupun film keduanya menggunakan alur maju, tetapi terdapat sedikit penciutan pada alur dalam novel yaitu cerita saat Rara sedang berdoa kepada Allah untuk kesembuhan Ibunya yang mengalami sakit. Cerita ini hanya terdapat pada novel dan tidak ditampilkan pada film. (2) Perubahan pada tokoh dalam novel dan film. Pada novel maupun film terdapat aspek penciutan dan penambahan terhadap tokoh. Penciutan yang terjadi pada novel yaitu tokoh Ibu Rara yang selalu menasihati dan mengajar Rara untuk memulai perjalanan kehidupan. Selanjutnya tokoh Abah dan Ummi Alia adalah orang tua dari Bu Alia yang selalu menasihati dan mengajar Bu Alia untuk bersikap baik terhadap orang lain. Tokoh ini hanya terdapat pada novel dan tidak ditampilkan pada film sehingga mengalami perubahan pada film. Adapun penambahan tokoh yang terdapat pada film yaitu tokoh Teman Ratna, Teman Andini, Fotografer, Pembawa Acara, dan Neng penjual di depan rumah Aldo. Tokoh ini hanya ditampilkan pada film dan tidak terdapat pada novel. (3) Perubahan pada latar dalam novel dan film. Dalam novel maupun film terdapat aspek penciutan dan penambahan terhadap latar. Penciutan yang terjadi pada latar yaitu Restoran Padang dan Kantin. Latar ini hanya terdapat pada novel dan tidak ditampilkan pada film. Adapun penambahan pada latar yaitu Airport, Tempat Les Aldo, Sekolah Andini, Kolam Renang, Halte, dan Vila milik papa Aldo. Latar ini hanya ditampilkan pada film dan tidak terdapat pada novel sehingga mengalami perubahan pada novel dan film
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 800. Kesustraan > 809.3 Fiction Writers/Pengarang Fiksi, Penulis Fiksi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 08:52 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 08:52 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/297 |
Actions (login required)
View Item |