Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG

PUTRI GUNAWAN, OCHA AQILAH and Handrisal, Handrisal and Pratama, Ryan Anggria (2019) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Cover.pdf

Download (663kB)
[img] Text (Abstrak)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (BAB I)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - BAB I.pdf

Download (714kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Full Teks)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan layanan untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara menyuluruh baik pada daerah, antar daerah, maupun pusat kedaerah. Dengan adanya pengaduan melalui aplikasi ini untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pengawasan program pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang. Yang meliputi, keberhasilan program, keberhasilan sasaran, dan kepuasan terhadap program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 7 (Tujuh) orang serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat melalui LAPOR sudah efektif meskipun masih ada yang belum maksimal, hal ini dilihat dari aspek Keberhasilan Program yaitu produktivitas yang dicapai, adanya peningkatan jumlah laporan dapat dikatakan bahwa peran LAPOR cukup berhasil. Pada aspek Keberhasilan Sasaran, program LAPOR telah mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan, tetapi dalam strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut belum maksimal dilakukan. Selanjutnya pada aspek Kepuasan Terhadap Program yaitu kualitas program yang dihasilkan sangat memuaskan konsumen dan sangat memenuhi kebutuhan penggunanya. Adapun kepuasan konsumen dari respon atau tanggapan maupun tindak lanjut yang dilakukan oleh instansi masih kurang memuaskan. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, Pengaduan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHandrisal, HandrisalNIDN.1020028802
UNSPECIFIEDPratama, Ryan AnggriaNIDN.0020129206
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: user ilmupemerintahan
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:58
Last Modified: 22 Jul 2022 01:58
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item