PUTRI GUNAWAN, OCHA AQILAH and Handrisal, Handrisal and Pratama, Ryan Anggria (2019) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Cover.pdf Download (663kB) |
|
Text (Abstrak)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Abstrak.pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (BAB I)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - BAB I.pdf Download (714kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (470kB) |
|
Text (Full Teks)
OCHA_AQILAH_PUTRI_GUNAWAN_180565201075_ILMU PEMERINTAHAN - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan layanan untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara menyuluruh baik pada daerah, antar daerah, maupun pusat kedaerah. Dengan adanya pengaduan melalui aplikasi ini untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pengawasan program pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang. Yang meliputi, keberhasilan program, keberhasilan sasaran, dan kepuasan terhadap program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 7 (Tujuh) orang serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat melalui LAPOR sudah efektif meskipun masih ada yang belum maksimal, hal ini dilihat dari aspek Keberhasilan Program yaitu produktivitas yang dicapai, adanya peningkatan jumlah laporan dapat dikatakan bahwa peran LAPOR cukup berhasil. Pada aspek Keberhasilan Sasaran, program LAPOR telah mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan, tetapi dalam strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut belum maksimal dilakukan. Selanjutnya pada aspek Kepuasan Terhadap Program yaitu kualitas program yang dihasilkan sangat memuaskan konsumen dan sangat memenuhi kebutuhan penggunanya. Adapun kepuasan konsumen dari respon atau tanggapan maupun tindak lanjut yang dilakukan oleh instansi masih kurang memuaskan. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, Pengaduan
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Depositing User: | user ilmupemerintahan | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:58 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:58 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2980 |
Actions (login required)
View Item |