Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI TANJAK OLEH DISKOMINFO KOTA TANJUNGPINANG

HARYANI, PUTRI and Hendrayady, Agus and Okparizan, Okparizan (2022) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI TANJAK OLEH DISKOMINFO KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
PUTRI HARYANI_180563201007_Ilmu Adm Negara COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
PUTRI HARYANI_180563201007_Ilmu adm negara_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABstrak)
PUTRI HARYANI_180563201007_Ilmu adm negara Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PUTRI HARYANI_180563201007_ilmu adm negara_Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUTRI HARYANI_180563201007_ilmu adm negara_full lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pelayanan publik pada dasarnya sangat berkaitan dengan aspek kehidupan sosial yang luas dalam kehidupan bernegara, pemerintah memiliki tugas sebagai penyedia berbagai pelayanan publik yang diperlukan masyarakat dalam bentuk lain dalam bidang pendidikan,kesehatan, informasi teknologi dan lainnya. Di pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan inovasi pelayanan publik mengenai sarana informasi masyarakat melalui aplikasi tanjak atau disebut dengan sebutan TanjungPinang aktual.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Tanjak Oleh Diskominfo Kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait aplikasi tanjak. Data yang dapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkam yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori menurut rogers (2003) yang mengemukakan indikator keuntungan relative yang memberikan banyak keuntungan bagi pengguna aplikasi tanjak, kesesuaian terhadap inovasi sebelumnya dengan inovasi sekarang tidak berbelit-belit, kerumitan bagi pengguna aplikasi mengatakan ada beberapa kendala saja yang dialami, kemungkinan dicoba aplikasi telah terbukti terpuji mempunyai keuntungan bagi penggunanya, dan kemungkinan diamati oleh seluruh lapisan masyarakat dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa inovasi pelayanan publik melalui aplikasi tanjak sudah cukup berhasil, namun dari lima indikator inovasi yang digunakan adalah keuntungan relative, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemungkinan diamati. Terdapat dua indikator yang belum maksimal yaitu kerumitan dan kemungkinan dicoba. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Tanjak, Diskominfo Tanjungpinang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHendrayady, AgusNIDN.1005087301
UNSPECIFIEDOkparizan, OkparizanNIDN.0001108304
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.63 Government Workers/Pegawai Pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 11 Sep 2022 07:59
Last Modified: 11 Sep 2022 07:59
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item