SRI ZULAIKAH, RISKA and Akhyari, Edy and Okparizan, Okparizan (2022) ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT DI KANTOR BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RISKA SRI ZULAIKAH_180563201066_Ilmu Administrasi Negara - Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
RISKA SRI ZULAIKAH_180563201066_Ilmu Administrasi Negara - Abstrak.pdf - Published Version Download (354kB) |
|
Text (BAB I)
RISKA SRI ZULAIKAH_180563201066_Ilmu Administrasi Negara - BAB I.pdf - Published Version Download (482kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RISKA SRI ZULAIKAH_180563201066_Ilmu Administrasi Negara - Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (368kB) |
|
Text (Full Teks)
RISKA SRI ZULAIKAH_180563201066_Ilmu Administrasi Negara - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam rangka pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang sederhana, cepat, tuntas dan terkoordinasi, maka media pelayanan pengaduan berbasis online yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun kepada masyarakat sebagai upaya dalam mewujudkan E-Government agar informasi selalu terbarukan dan dinamis, serta dapat dikelola secara baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan pelayanan pengaduan masyarakat berbasis online SP4N LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Informan yang dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kepala sub bagian pelayanan publik dan tata laksana, pengadministrasian perencanaan dan program/web admin, pengelola pengaduan publik, serta masyarakat. Dengan menggunakan 6 indikator pelaksanaan E-Government Richardus Eko Indrajit (2005). Data penelitian ini dikumpul dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 indikator pelaksanaan E-Government belum dipenuhi dengan baik oleh Kantor Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun yakni Content Development, Competency Building, Connectivity, Citizen Interface dan Capital. Masih perlu adanya perbaikan untuk ke 5 indikator dari pelaksanaan E-Government. Hanya 1 indikator pelaksanaan E-Government yang memenuhi yakni Cyber Laws karena adanya kejelasan perangkat hukum yang mendasari pelaksanaan SP4N LAPOR di Kabupaten Karimun. Dalam pelaksanaan SP4N LAPOR di Kantor Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun, diharapkan untuk dapat terus meningkatkan pelayanan publik serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat agar dapat menggunakan layanan pengaduan ini dan juga Kantor Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun harus lebih mensosialisasikan lagi kepada masyarakat terkait adanya program aplikasi SP4N LAPOR sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:31 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3026 |
Actions (login required)
View Item |