ESMERELDA SIMANJUNTAK, PIPI and Iranita, Iranita and Akhirman, Akhirman (2022) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Cover.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Abstrak)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Abstrak.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text (BAB I)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - BAB I.pdf - Published Version Download (547kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text (Pipi_Esmerelda_180461201043_Manajemen - Full Teks)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relationship marketing, kualitas layanan e-commerce terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pengguna marketplace Shopee. Populasi didalam penelitian adalah 100 orang Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, maka jumlah sampel sebanyak 100 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada kuesioner dilakukan test validitas dan realibilitas. Metode analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak mampu memediasi antara relationship marketing, dan kualitas layanan e-commerce terhadap loyalitas konsumen dikarenakan pengaruh langsung relationship marketing terhadap kepuasan konsumen lebih besar. Relationship marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas layanan e-commerce secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Relationship marketing secara parsial berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas layanan e-commerce secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan secara parsial berpengaruh terhdap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, marketplace Shopee diharapkan tetap mempertahankan dan terus berupaya meningkatkan loyalitas konsumen dengan memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang loyalitas konsumen selain melalui relationship marketing dan kualitas layanan e-commerce.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen | |||||||||
Depositing User: | user manajemen | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:42 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:42 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3172 |
Actions (login required)
View Item |