Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji)

ESMERELDA SIMANJUNTAK, PIPI and Iranita, Iranita and Akhirman, Akhirman (2022) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB I)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - BAB I.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Pipi_Esmerelda_180461201043_Manajemen - Full Teks)
PIPI_ESMERELDA_180461201043_Manajemen - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relationship marketing, kualitas layanan e-commerce terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pengguna marketplace Shopee. Populasi didalam penelitian adalah 100 orang Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, maka jumlah sampel sebanyak 100 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada kuesioner dilakukan test validitas dan realibilitas. Metode analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak mampu memediasi antara relationship marketing, dan kualitas layanan e-commerce terhadap loyalitas konsumen dikarenakan pengaruh langsung relationship marketing terhadap kepuasan konsumen lebih besar. Relationship marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas layanan e-commerce secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Relationship marketing secara parsial berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas layanan e-commerce secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan secara parsial berpengaruh terhdap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, marketplace Shopee diharapkan tetap mempertahankan dan terus berupaya meningkatkan loyalitas konsumen dengan memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang loyalitas konsumen selain melalui relationship marketing dan kualitas layanan e-commerce.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDIranita, IranitaNIDN. 1027087003
UNSPECIFIEDAkhirman, AkhirmanNIDN. 1004086501
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: user manajemen
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:42
Last Modified: 22 Jul 2022 07:42
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item