Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PELAYANAN PERUMDA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TIRTA MULIA KARIMUN CABANG TANJUNGBATU DI KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN

MARSITA PUTRI, URAI and Kurnianingsih, Fitri and Subiyakto, Rudi (2022) PELAYANAN PERUMDA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TIRTA MULIA KARIMUN CABANG TANJUNGBATU DI KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
URAI PUTRI MARSITA_180563201079_IAN_Cover.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (ABSTRAK)
URAI PUTRI MARSITA_180563201079_IAN_Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1)
URAI PUTRI MARSITA_180563201079_IAN_BAB 1.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
URAI PUTRI MARSITA_180563201079_IAN_Daftar Pustaka1.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (FULL TEKS)
URAI PUTRI MARSITA_180563201079_IAN_Full Teks.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mulia Karimun merupakan perusahaan BUMN yang memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakarat wilayah Kabupaten Karimun. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Saluran Pipa Air yang bermasalah engakibatkan minimnya debit air yang mengalir keluar dan kualitas air yang buruk karena berwarna coklat, 2) Kurang tanggapnya PDAM dalam mengatasi keluhan, 3) PDAM kurang mensosialisasikan web yang dan media sosial yang mengakibatkan kurangnya informasi yang didapat pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teori Kualitas Pelayanan menurut Parasuraman, Zeithmal Dan Berry (1988:23) Indikator-indikator dalam Kualitas Pelayanan adalah Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Hasil Penelitian ini bahwa Pelayanan PERUMDA Tirta Mulia Karimun Cabang Tanjung Batu Di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun masih perlu ditingkatkan dalam hal menanggapi dan menangani masalah pelayanan, sarana dan prasarana yang tersedia masih kurang memadai dan pelayanan yang dirasakan pelanggan masih kurang sepenuh hati dalam melayani. Kesimpulan penelitian ini menunjukan pelayanan PERUMDA Tirta Mulia Karimun Cabang Tanjung Batu Di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun kurang optimal dalam pelayanan. Saran dari peneliti adalah dalam melakukan pelayanan Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun diupayakan maksimal dalam hal melayani untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan atau menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan dan sarana prasarana perlu diperhatikan lagi untuk kenyamanan para pelanggan. Kata kunci : Kepuasan pelanggan, pelayanan dan PERUMDA Tirta Mulia Karimun.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDKurnianingsih, FitriNIDN.0016038702
UNSPECIFIEDSubiyakto, RudiNIDN.1016127402
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:27
Last Modified: 25 Jul 2022 08:27
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item View Item