ANGRIANI, RESTI and Setiawan, Ramadhani and Edison, Edison (2022) INDEKS KEPUASAN MASYARAT TERKAIT KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR SAMSAT KECAMATAN SUNGAI GUNTUNG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
PDF (COVER)
RESTI ANGRIANI_170563201090_ILMU ADMINITRASI NEGARA_Cover.pdf - Published Version Download (567kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
RESTI ANGRIANI_170563201090_Ilmu Adminitrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
PDF (BAB 1)
RESTI ANGRIANI_170563201090_Ilmu Adminitrasi Negara_Bab 1.pdf - Published Version Download (323kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
RESTI ANGRIANI_170563201090_Ilmu Adminitrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
PDF (Full text)
RESTI ANGRIANI_17056320190_Ilmu Adminitrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Satu Atap) yanki bertugas mengurus segala keperluan masyarakat yang berkaitan dengan surat-surat kendaraan bermotor dan pemakaian jalan raya, adapun jenis pelayanan Pelayanan publik adalah hal yang menjadi peran dan fungsi utama dari birokrasi pemerintah, selain dari fungsi pengaturan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan. Maka dari itu tentunya praktiknya penyelenggara layanan publik harus dikelola dengan baik dan benar agar dapat memberikan pelayanan publik bagi kualitas masyarakat. Salah satu pelayanan publik dari SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal publik yang diberikan yakni Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi dan Indentifikasi Kendaraan Bermotor (Ranmor), Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLAJ). Berdasarkan obervasi awal yang peneliti lakukan beberapa waktu yang lalu di Kantor SAMSAT Kecamatan Sungai Guntung maka dapat peneliti katakan bahwa pelayanan jasa yang diberikan oleh kantor SAMSAT tidak berbentuk barang ataupun tidak berwujud seperti barang, meskipun begitu wujud pelayanan tidak tampak namun tetap dirasakan oleh masyarakat, mayoritas masyarakat mengeluhkan mengenai buruknya pelayanan publik yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa hasil indeks kepuasan masyarakat terkait dengan kualitas pelayanan di Kantor Samsat Kecamatan Sungai Guntung memperoleh nilai indeks kepuasan masyarakat sebesar 2,54 artinya dalam keadaan yang tidak baik, dari total 9 indikator yang peneliti lakukan untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Kantor Samsat Kecamatan Sungai Guntung , maka dapat peneliti simpulkan yakni mengenai indikator persyaratan pelayanan pihak instansi masih belum memberikan pelayanan yang baik, kemudian mengenai prosedur pelayanan juga dalam kategori yang kurang baik, sedangkan untuk waktu pelayanan juga menunjukkan dalam kategori yang kurang baik sedangkan tarif dan biaya dalam kategori yang baik, begitu juga untuk indesk kepuasan masyarakat mengenai produk pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan, pengaduan, saran dan masukan serta sarana dan prasarana dalam kondisi yang tidak baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 06:34 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 06:34 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3663 |
Actions (login required)
View Item |