Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IMPLEMENTASI METODE SCRUM DALAM RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BAHASA ISYARAT SIBI (STUDI KASUS : SLB NEGERI KARIMUN)

NURINDO, INDAH and Uperiati, Alena and Ritha, Nola (2022) IMPLEMENTASI METODE SCRUM DALAM RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BAHASA ISYARAT SIBI (STUDI KASUS : SLB NEGERI KARIMUN). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
INDAH_NURINDO_180155201028_Teknik Informatika_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
INDAH_NURINDO_180155201028_Teknik Informatika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB I)
INDAH_NURINDO_180155201028_Teknik Informatika_BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
INDAH_NURINDO_180155201028_Teknik Informatika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Full Teks)
INDAH_NURINDO_180155201028_Teknik Informatika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian mengenai rancang bangun Game Edukasi ini dilakukan untuk dapat membuat media alternative yang bisa digunakan oleh anak tunarungu di SLB Negeri Karimun dalam mempelajari atau media pengenalan awal Huruf Bahasa Isyarat SIBI, karena SIBI sulit dipergunakan oleh Tuna rungu untuk berkomunikasi. SIBI hanya dapat digunakan sebagai bahasa isyarat di Sekolah dan tidak dipergunakan sebagai bahasa isyarat komunikasi sehari-hari atau komunitas Tunarungu dalam berkomunikasi karena sering menggunakan Bahasa Isyarat BISINDO, sehingga tunarungu mengalami kesulitan menggunakan SIBI banyak memilih menggunakan BISINDO sebagai bahasa interaksi. Metode yang digunakan dalam perancangan yaitu metode Scrum yang beranggotakan satu orang dengan waktu pengerjaan selama 30 hari, sesuai dengan jadwal perancangan. Pada tahap pengujian aplikasi Game dilakukan pengujian black box testing dan UAT (User Acceptance Test) dan sistem yang dibuat dapat diterima oleh pengguna dengan hasil persentase rata-rata sebesar 99,45% yaitu sangat kuat serta pengujian responden mengalami peningkatan setelah mencoba aplikasi Game Edukasi Bahasa Isyarat SIBI.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDUperiati, AlenaNIDN. 0022068904
UNSPECIFIEDRitha, NolaNIP.199011142019032016
Subjects: 000 Karya Umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.12. Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: user Teknik Informatika
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:09
Last Modified: 29 Jul 2022 07:09
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item