PUJIASTUTI, FATRIDA and Pardi, Hilfi and Fitriyah, Dina (2022) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI LAJU REAKSI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
FATRIDA PUJIASTUTI_180384204005_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (932kB) |
|
Text (Abstrak)
FATRIDA PUJIASTUTI_180384204005_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (385kB) |
|
Text (BAB I)
FATRIDA PUJIASTUTI_180384204005_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (364kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FATRIDA PUJIASTUTI_180384204005_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (580kB) |
|
Text (Full Teks)
FATRIDA PUJIASTUTI_180384204005_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini pendidikan Indonesia telah memasuki era revolusi industri generasi 4.0 yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yang mandiri. Salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tidak dapat dilaksanakannya kegiatan praktikum secara langsung yaitu dengan laboratorium virtual. Suatu pembelajaran yang menjadikan budaya sebagai sumber belajar merupakan pembelajaran bermuatan etnosains. Pembelajaran mengintegrasikan etnosains dapat membuat peserta didik memperoleh pembelajaran yang lebih bermakna. Pada proses pembelajaran peserta didik masih merasa kesulitan dalam memahami materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan tidak pernah melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji tingkat validitas, dan praktikalitas dari media laboratorium virtual berbasis android terintegrasi etnosains pada materi laju reaksi SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi), dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Media divalidasi oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media laboratorium virtual berbasis android terintegrasi etnosains pada materi laju reaksi SMA dinyatakan valid dan praktis. Hal tersebut berdasarkan penilaian oleh ahli media sebesar 97,92% dengan kategori sangat valid dan penilaian oleh ahli materi sebesar 86,36% dengan kategori sangat valid. Persentase praktikalitas pendidik terhadap produk sebesar 90,00% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik terhadap produk sebesar 94,10% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:19 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:19 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3750 |
Actions (login required)
View Item |