Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD ) BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBANTUAN SIGIL PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SANDIKA, SANDIKA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD ) BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBANTUAN SIGIL PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
SANDIKA_170384204008_PENDIDIKAN KIMIA_COVER.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (ABSTRAK)
SANDIKA_170384204008_PENDIDIKAN KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (BAB I)
SANDIKA_170384204008_PENDIDIKAN KIMIA_BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SANDIKA_170384204008_PENDIDIKAN KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (SKRIPSI (FULL TEXT))
SANDIKA_170384204008_PENDIDIKAN KIMIA_SKRIPSI(FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran, pendidik masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada pendidik, masih rendahnya pemahaman materi kimia peserta didik yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik elektronik berbasis multipel representasi serta untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja peserta didik elektronik berbasis multipel representasi berbantuan SIGIL pada materi struktur atom. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach menggunakan siklus ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD Berbasis Multiple Representasi yang dikembangkan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 83 % untuk ahli materi dan sebesar 89 % untuk ahli media. LKPD elektronik juga mendapat respon positif dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 85,6% untuk respon guru dan 89,85% untuk respon peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, LKPD berbasis multiple representasi ini dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFitriyah, DinaNIP.198804222019032015
UNSPECIFIEDWillian, NancyNIP.198107212014042001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 660 - 669 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:08
Last Modified: 03 Aug 2022 08:08
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item