BAIFAR, ASTINA MARRU KIRAMA and Hindrasti, Nur Eka Kusuma and Nevrita, Nevrita (2022) PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DILENGKAPI KOMIK DAN GLOSARIUM AUDIO PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK SISWA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Astina_Marru_Kirama_Baifar_180384205016_Pendidikan_Biologi-Cover.pdf - Published Version Download (663kB) |
|
Text (Abstrak)
Astina_Marru_Kirama_Baifar_180384205016_Pendidikan_Biologi-Abstrak.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (BAB I)
Astina_Marru_Kirama_Baifar_180384205016_Pendidikan_Biologi-BAB I.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Astina_Marru_Kirama_Baifar_180384205016_Pendidikan_Biologi-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
Text (Full teks)
Astina_Marru_Kirama_Baifar_180384205016_Pendidikan_Biologi-Full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-handout berbasis PowerPoint interaktif dilengkapi komik dan glosarium audio pada materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semiterstruktur, lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan data pada lembar validasi, praktikalitas, dan efektivitas menggunakan rumus yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan e-handout berbasis PowerPoint interaktif diperoleh hasil rata-rata validasi sebesar 92% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata sebesar 92% dengan kriteria “sangat praktis” dan oleh peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil penilaian efektivitas dengan membandingkan hasil pre−test berdasarkan nilai ulangan harian dan post−test berdasarkan penilaian kognitif dengan perhitungan N-gain score sebesar 0,5 dengan kriteria peningkatan “sedang”. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan, maka e-handout berbasis PowerPoint interaktif dilengkapi komik dan glosarium audio pada materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 01:47 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:47 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3916 |
Actions (login required)
View Item |