Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI REDOKS

ISABELA, FEBIANA and Septiani Silitonga, Friska and Yulita, Inelda (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI REDOKS. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (911kB)
[img] Text (Abstrak)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (BAB 1)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_BAB 1.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Full Teks)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu dibutuhkan suatu bahan ajar khususnya bahan ajar berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD elektronik menggunakan bookcreator, mengetahui validitas dari LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi redoks, mengetahui praktikalitas dari LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap implementasi (penerapan). Subjek penelitian adalah 1 guru dan 24 peserta didik SMKN 1 Gunung Kijang. Penelitian ini diuji oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, serta guru, dan peserta didik sebagai responden. Hasil validasi ahli materi didapatkan persentase rata-rata sebesar 74.04% dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi ahli bahan ajar didapatkan persentase rata-rata 71.43% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas peserta didik didapatkan persentase rata-rata sebesar 81.15% dengan kategori praktis dan hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 96.88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi redoks dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : LKPD Elektronik, Pendekatan Saintifik, Redoks

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSeptiani Silitonga, FriskaNIP.198909092019032022
UNSPECIFIEDYulita, IneldaNIP.19860705842042004
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:07
Last Modified: 05 Aug 2022 05:07
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3978

Actions (login required)

View Item View Item