ISABELA, FEBIANA and Septiani Silitonga, Friska and Yulita, Inelda (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI REDOKS. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (911kB) |
|
Text (Abstrak)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (274kB) |
|
Text (BAB 1)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_BAB 1.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (387kB) |
|
Text (Full Teks)
FEBIANA ISABELA_170384204036_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu dibutuhkan suatu bahan ajar khususnya bahan ajar berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD elektronik menggunakan bookcreator, mengetahui validitas dari LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi redoks, mengetahui praktikalitas dari LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap implementasi (penerapan). Subjek penelitian adalah 1 guru dan 24 peserta didik SMKN 1 Gunung Kijang. Penelitian ini diuji oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, serta guru, dan peserta didik sebagai responden. Hasil validasi ahli materi didapatkan persentase rata-rata sebesar 74.04% dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi ahli bahan ajar didapatkan persentase rata-rata 71.43% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas peserta didik didapatkan persentase rata-rata sebesar 81.15% dengan kategori praktis dan hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 96.88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik pada materi redoks dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : LKPD Elektronik, Pendekatan Saintifik, Redoks
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 05:07 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 05:07 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3978 |
Actions (login required)
View Item |