Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR POS INDONESIA KOTA TANJUNGPINANG

DUWILANDRIYANI, DUWILANDRIYANI and Jamhur, Poti and Imam, Yudhi Prastya (2019) PENGARUH INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR POS INDONESIA KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
PENGARUH INOVASI PELAYANAN TERHADAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Kantor Pos Indonesia Kota Tanjungpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kantor Pos Indonesia Kota Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner atau angket. Pengambilan data dilakukan dengan metode Accidental sampling dengan total sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara inovasi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kantor Pos Indonesia Kota Tanjungpinang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji Parsial (Uji t) dengan taraf signifikansi 5 % yaitu 0,000˂0,05, sehingga diperoleh t hitung ˃ t tabel yaitu 10,303 ˃ 1,985. Berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis alternatif diterima. Dari hasil Koefisien Determinasi (R) ditemukan bahwa pengaruh inovasi pelayanan seperti penggunaan teknologi, interaksi dengan pelanggan, pengembangan layanan baru dan sistem pengiriman layanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 52%. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh inovasi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sesuai dengan interval koefisien yaitu 0,40 - 0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisanya sebesar 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 303.33. Kontrol Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:46
Last Modified: 16 Jul 2021 04:46
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item