Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN PERALATAN LABORATORIUM KIMIA SMA

MAHARANI, RENI and Widhia Sabekti, Ardi and Septiani Silitonga, Friska (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN PERALATAN LABORATORIUM KIMIA SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (988kB)
[img] Text (Abstrak)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Bab I)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Bab I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Full teks)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pengenalan peralatan praktikum sebelum percobaan penting dilakukan agar peserta didik memiliki gambaran tentang alat praktikum berdasarkan kegunaannya. Kurangnya ketersediaan fasilitas peralatan laboratorium dan alokasi pertemuan menyebabkan keterbatasan waktu pendidik untuk menjelaskan informasi mengenai alat-alat praktikum tersebut kepada peserta didik. Game edukasi sebagai media pembelajaran perlu dikembangkan karena mudah diakses, memiliki visualisasi dari permasalahan nyata, dan dapat digunakan sambil bermain tanpa melupakan aspek edukasi di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk berupa game edukasi berbasis android untuk pengenalan peralatan laboratorium kimia SMA. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah divalidasi produk diujicobakan kepada pendidik dan peserta didik kelas X IPA MAN Tanjungpinang. Penilaian oleh ahli materi memperoleh sebesar 86% dengan kategori sangat valid, dan penilaian oleh ahli media sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Persentase praktikalitas oleh pendidik sebesar 90.00% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik sebesar 92,25% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDWidhia Sabekti, ArdiNIP.198903082018031001
UNSPECIFIEDSeptiani Silitonga, FriskaNIP.198909092019032022
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:15
Last Modified: 08 Aug 2022 01:15
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item