MAHARANI, RENI and Sabekti, Ardi Widhia and Silitonga, Friska Septiani (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN PERALATAN LABORATORIUM KIMIA SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (cover)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (988kB) | Request a copy |
|
Text (abstrak)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Bab I)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Bab I.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text (Full teks)
Reni Maharani_170384204040_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengenalan peralatan praktikum sebelum percobaan penting dilakukan agar peserta didik memiliki gambaran tentang alat praktikum berdasarkan kegunaannya. Kurangnya ketersediaan fasilitas peralatan laboratorium dan alokasi pertemuan menyebabkan keterbatasan waktu pendidik untuk menjelaskan informasi mengenai alat-alat praktikum tersebut kepada peserta didik. Game edukasi sebagai media pembelajaran perlu dikembangkan karena mudah diakses, memiliki visualisasi dari permasalahan nyata, dan dapat digunakan sambil bermain tanpa melupakan aspek edukasi di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk berupa game edukasi berbasis android untuk pengenalan peralatan laboratorium kimia SMA. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah divalidasi produk diujicobakan kepada pendidik dan peserta didik kelas X IPA MAN Tanjungpinang. Penilaian oleh ahli materi memperoleh sebesar 86% dengan kategori sangat valid, dan penilaian oleh ahli media sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Persentase praktikalitas oleh pendidik sebesar 90.00% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik sebesar 92,25% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 06:46 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 06:46 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4043 |
Actions (login required)
View Item |