SAPUTRI, EKA INDAH and Antika, Rindi and Siregar, Nur Asma Riani (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN NUANSA BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
EKA_INDAH_SAPUTRI_180384202065_Pendidikan_Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (6MB) |
|
Text (Abstrak)
EKA_INDAH_SAPUTRI_180384202065_Pendidikan_Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (298kB) |
|
Text (BAB I)
EKA_INDAH_SAPUTRI_180384202065_Pendidikan_Matematika-BAB 1.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
EKA_INDAH_SAPUTRI_180384202065_Pendidikan_Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (309kB) |
|
Text (Full Text)
EKA_INDAH_SAPUTRI_180384202065_Pendidikan_Matematika-Full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Masa new normal memberikan dampak yang begitu besar terutama pada bidang pendidikan. Pada masa ini mengharuskan pendidik dan peserta didik lebih banyak menggunakan teknologi yang canggih. Namun pada pelaksanaannya, pendidik belum maksimal dalam memanfaatkan teknologi khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan multimedia pembelajaran dengan nuansa budaya melayu pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D dengan pembatasan hingga tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu menggunakan angket. Instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar validasi yang ditujukan kepada para ahli dalam bidangnya dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif yang dianalisis melalui angket. Data yang diperoleh oleh peneliti yaitu data kualitatif yang kemudian akan ditransformasikan menjadi data kuantitatif jenis skala interval dengan Method Of Summated Ratings (MSR). Hasil validasi dan praktikalitas yang telah dilakukan masing-masing validator dan juga praktisan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 10:02 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 10:02 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4047 |
Actions (login required)
View Item |