WAHYU ANDAYANI, ENI and Fitriyah, Dina and Willian, Nancy (2022) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ENI_WAHYU_ANDAYANI_160384204037_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (865kB) |
|
Text (Abstrak)
ENI_WAHYU_ANDAYANI_160384204037_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (BAB I)
ENI_WAHYU_ANDAYANI_160384204037_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ENI_WAHYU_ANDAYANI_160384204037_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (Full Teks)
ENI_WAHYU_ANDAYANI_160384204037_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang pesat, salah satunya adalah smartphone berbasis android yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Mobile learning menjadi salah satu media pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat seluler (smartphone) yang dapat diakses kapanpun serta dimanapun. Penggunaan smartphone di kalangan pelajar belum optimal pemanfaatannya dalam proses pembelajaran. Sebagian besar digunakan untuk mengakses sosial media dan bermain game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui proses pengembangan Mobile Learning berbasis android pada materi sistem periodik unsur; 2) mengetahui tingkat validitas Mobile Learning berbasis android pada materi sistem periodik unsur; dan 3) mengetahui tingkat praktikalitas Mobile Learning berbasis android pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Implementation (Implementasi). Hasil penelitian: 1) dihasilkan Mobile Learning berbasis android dalam bentuk aplikasi; 2) Mobile Learning berbasis android pada materi sistem periodik unsur kriteria sangat valid dengan hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 85%, dan hasil uji ahli materi diperoleh persentase sebesar 75%, layak digunakan oleh guru dan peserta didik; 3) praktikalitas Mobile Learning berbasis android pada materi sistem periodik unsur oleh guru diperoleh persentase sebesar 94,64% dengan kriteria sangat praktis, dan praktikalitas media oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 90,80% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 03:24 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 03:24 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4101 |
Actions (login required)
View Item |