MAULANA KASOGI, ZESA (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN LITERASI SAINS SISWA SMK PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
Zesa_Maulana_Kasogi_150384204041_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (516kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Zesa _Maulana_Kasogi _ 150384204041_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
Text (BAB I)
Zesa _Maulana_Kasogi _ 150384204041_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (122kB) |
|
Text
Zesa _Maulana_Kasogi _ 150384204041_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text (FULL TEKS)
Zesa_Maulana_Kasogi_150384204041_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia masih menempati peringkat bawah dalam PISA sebagai suatu negara dengan hasil belajar yang rendah. Hal ini disebabkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains siswa masih dibawah rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan literasi sains siswa SMK pada materi ikatan kimia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling sebanyak 65 siswa dari populasi 84 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dan 12 butir soal essai literasi sains. Analisis data menggunakan analisis korelasi tunggal melalui Program IDM SPSS 24. Hasil uji hipotesis menunjukan tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir tingkat dengan literasi sains siswa SMK pada materi ikatan kimia dengan nilai sig. 0,843 > 0,05. Indikator tertinggi kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu mencipta dan aspek literasi sains tertinggi yaitu aspek kompetensi sains. Uji determinasi menunjukan kontribusi kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan literasi sains hanya sebesar 0,3%. Kesimpulannya bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi ikatan kimia tidak memiliki hubungan dengan literasi sains siswa SMK, karena kedua kemampuan tersebut berdiri sendiri.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:48 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4115 |
Actions (login required)
View Item |