Sofianuri, Elvi and Izzati, Nur and Rosmery, Linda (2022) PENGEMBANGAN GAME PUZZLE MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Elvi Sofianuri_170384202059_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Abstrak)
Elvi Sofianuri_170384202059_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (BAB 1)
Elvi Sofianuri_170384202059_Pendidikan Matematika_BAB 1.pdf - Published Version Download (486kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Elvi Sofianuri_170384202059_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (Full Text)
Elvi Sofianuri_170384202059_Pendidikan Matematika_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sofianuri, Elvi. 2022. Pengembangan Game Puzzle Matematika Berbasis Android pada Materi Operasi Himpunan Kelas VII SMP. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing 1: Assist. Prof. Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Assist. Prof. Dra. Linda Roosmery T, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Game Puzzle Matematika, Operasi Himpunan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan game puzzle matematika menggunakan adobe flash cs6 pada materi operasi himpunan kelas VII SMP yang valid dan praktis bagi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development yaitu kevalidan dan kepraktisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi instrumen validasi ahli, lembar validasi instrumen angket respon pendidik dan peserta didik, lembar validasi ahli dan lembar angket respon pendidik dan peserta didik. Data dianalisis dengan analisis daskriptif dan analisis kuantitatif. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif, sehingga data harus diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan MSR. Dari segi kevalidan hasil analisis validasi ahli pada aspek materi memperoleh penilaian sebesar 73,60% dengan kriteria valid dan untuk hasil analisis validasi ahli pada aspek media memperoleh penilaian sebesar 56,27% dengan kriteria cukup valid. Dari segi kepraktisan hasil analisis data angket respon pendidik sebesar 87,62% dan peserta didik sebesar 89,86% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game puzzle matematika yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:10 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:10 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4121 |
Actions (login required)
View Item |