PERTIWI, SINDY MEGA (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (BAB1)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_BAB 1.pdf - Published Version Download (351kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pada materi Virus untuk siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (penilaian). Multimedia interaktif divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen praktikalitas yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari angket respon guru dan angket respon siswa. untuk instrumen efektivitas yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes kognitif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dihasilkan pada aspek validitas diperoleh dari ahli media sebesar 84,93% dan ahli materi sebesar 93,26% dengan keriteria “sangat valid”.hasil penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 100% dan penilaian praktikalitas oleh siswa sebesar 86,95% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil penilaian efektivitas diperoleh dari hasil belajar kognitif dengan melakukan post-test only dengan rata-rata nilai sebesar 88,82. Uji efektivitas menggunakan N-gain dengan membandingkan nilai hasil ulangan harian dan nilai hasil post-test, menunjukkan ketuntasan klasikal 100% dengan peningkatan N-gain sebesar 0,74 dengan kriteria “tinggi”. Dengan demikian multimedia interaktif berbasis construct 2 pada materi virus kelas X SMA dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:48 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 04:48 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4167 |
Actions (login required)
View Item |