Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA

PERTIWI, SINDY MEGA (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB1)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_BAB 1.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SINDY MEGA PERTIWI_170384205061_PENDIDIKAN BIOLOGI_SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pada materi Virus untuk siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (penilaian). Multimedia interaktif divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen praktikalitas yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari angket respon guru dan angket respon siswa. untuk instrumen efektivitas yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes kognitif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dihasilkan pada aspek validitas diperoleh dari ahli media sebesar 84,93% dan ahli materi sebesar 93,26% dengan keriteria “sangat valid”.hasil penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 100% dan penilaian praktikalitas oleh siswa sebesar 86,95% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil penilaian efektivitas diperoleh dari hasil belajar kognitif dengan melakukan post-test only dengan rata-rata nilai sebesar 88,82. Uji efektivitas menggunakan N-gain dengan membandingkan nilai hasil ulangan harian dan nilai hasil post-test, menunjukkan ketuntasan klasikal 100% dengan peningkatan N-gain sebesar 0,74 dengan kriteria “tinggi”. Dengan demikian multimedia interaktif berbasis construct 2 pada materi virus kelas X SMA dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDIrawan, BonyNIDN.0014028802
UNSPECIFIEDHindrastu, Nur Eka KusumaNIDN.0023058901
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:48
Last Modified: 16 Aug 2022 04:48
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item