Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI DAIK KABUPATEN LINGGA

NAZHIPAH, NAZHIPAH and Samin, Rumzi and Okparizan, Okparizan (2022) STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI DAIK KABUPATEN LINGGA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NAZHIPAH_180563201078_IAN_Cover.pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
NAZHIPAH_180563201078_IAN_Abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Bab 1)
NAZHIPAH_180563201078_IAN_BAB 1.pdf.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NAZHIPAH_180563201078_IAN_Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Full Teks)
NAZHIPAH_180563201078_IAN_Full Teks.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Di Daik Lingga, industri pariwisata meliputi transportasi, penginapan, restoran, dan tempat oleh-oleh, jika dilihat yang terbanyak adalah usaha rumah makan, banyak masyarakat yang membuka tempat makan, dengan menawarkan berbagai makanan khas Melayu, selain melihat keindahan suatu daerah biasanya wisatawan juga mencari makanan khas yang ada di daerah tersebut, begitu juga di Daik Lingga, bahkan banyak rumah-rumah warga yang dijadikan tempat makan, atau restoran. Tidak hanya itu usaha lainnya adalah hotel dan penginapan, kemudian salon, dan tempat hiburan, namun sejak adanya covid 19 tahun 2020 banyak industri yang tutup, seperti kunjungan hotel yang semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Industri Pariwisata Daik Kabupaten Lingga. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan memaparkan hasil wawancara secara deskriptif kualitatif, apabila semua data telah terkumpul maka semua data akan dipilah dan dianalisis sesuai fakta di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bawah pada dimensi Strategi Diferensiasi ( Differentiation Strategy ) ditemukan bahwa produk pariwisata yang di tawarkan saat ini semakin dikembangkan dengan menggunakan teknologi, dikemas baik, Dimensi Strategi Kepemimpinan Biaya ( Cost Leadership Strategy ) ditemukan bahwa pihak dinas sudah melakukan kerjasama untuk menekan biaya promosi baik dengan pihak diluar dinas yang mana bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Lingga serta nantinya akan memberikan dampak terhadap peningkatan kunjungan wisata di Kabupaten Lingga. Kemudian dimensi strategi fokus (Focus Strategy ) ditemukan bahwa memanfaatkan lebih besar teknologi informasi melalui media social, youtube, website, instagram, facebook dan Aplikasi informasi pariwisata berbasis android dan ios. Kesimpulan dalam penelitian ini Kesimpulan bahwa Dinas Pariwisata sudah melakukan strategi dalam Pengembangan Industri Pariwisata dengan menggunakan teknologi, melakukan kerjasama dengan pihak diluar yang nantinya akan memberikan dampak terhadap peningkatan kunjungan wisata di Kabupaten Lingga, namun beberapa hal perlu diperhatikan yaitu untuk promosi memang perlu dilakukan secara berkesinambungan serta menggunakan media-media seperti media sosial, sehingga wisatawan mengetahui wisata Daik Kabupaten Lingga.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRumzi, SaminNIDN. 1009037101
UNSPECIFIEDOkparizan, OkparizanNIDN. 0001108304
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:53
Last Modified: 16 Jan 2023 07:53
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item