Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

SAVITRI, DESIY and Susanti, Susanti and Tambunan, Linda Rosmery (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Desiy_Savitri_190384202022_Pend.Mat_Cover.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (Abstrak)
Desiy_Savitri_190384202022_Pend.Mat_Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB I)
Desiy_Savitri_190384202022_Pend.Mat_BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Desiy_Savitri_190384202022_Pend.Mat_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Full Skripsi Lengkap)
Desiy_Savitri_190384202022_Pend.Mat_Full Skripsi Lengkapp.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi perbandingan berdasarkan 5 level taksonomi SOLO di SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Analisis kemampuan pemecahan masalah penting dilakukan karena dapat mengetahui tinggi rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pemecahan masalah matematis berdasarkan 5 level taksonomi SOLO dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu dengan menggabungkan hasil tes pemecahan masalah dengan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Siswa pada tingkat prastruktural tidak mampu memahami masalah 2) Siswa pada tingkat unistruktural mampu memahami masalah 3) Siswa matematis pada tingkat multistruktural mampu memahami masalah dan menentukan rumus, 4) Siswa pada tingkat relasional mampu memahami masalah, menentukan rumus, dan menerapkan konsep matematika, serta 5) Siswa pada tingkat ekstensi abstrak mampu memahami masalah, menentukan rumus, menerapkan konsep matematika dan mengevaluasi hasil yang diperolehnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSusanti, SusantiNIP.199202092019032020
UNSPECIFIEDTambunan, Linda RosmeryNIDN.1006106601
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:03
Last Modified: 24 Jan 2023 08:03
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item