Noviyanty, Rita and Subiyakto, Rudi and Okparizan, Okparizan (2023) ANALISIS KEPUASAN PASIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS TAMBELAN KABUPATEN BINTAN TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Rita Novianty_180563201085_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (534kB) |
|
Text (Abstrak)
Rita Novianty_180563201085_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (66kB) |
|
Text (BAB I)
Rita Novianty_180563201085_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (Daftar Reeferensi)
Rita Novianty_180563201085_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Referensi.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (Full Teks)
Rita Novianty_180563201085_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian di Puskesmas Tambelan Kabupaten Bintan dilakukan pada tahun 2022 dengan tujuan yaitu mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS. Metode Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan BPJS kesehatan di kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu mencari tahu atau menggambarkan keadaan sebenarnya dari peristiwa yang diteliti. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 14 orang yang terdiri dari kepala Puskesmas Tambelan kabupaten Bintan, staf atau pegawai di puskesmas Tambelan Kabupaten Bintan serta pasien pengguna BPJS kesehatan di puskesmas Tambelan Kabupaten Bintan. Wawancara mendalam dilakukan dengan melakukan analisis dengan deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan memberikan pernyataan bahwa pelayanan BPJS kesehatan di kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan belum berjalan dengan maksimal. Pelayanan belum maksimal dalam menunjang kepuasan pasien BPJS kesehatan di kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan seperti fasilitas yang belum maksimal, komunikasi petugas kesehatan yang kurang baik, kurangnya tenaga kesehatan dalam pelayanan BPJS kesehatan di Puskesmas Tambelan Kabupaten Bintan, dan pelayanan yang dinilai lambat dan relatif lama dalam merespon pasien. Diharapkan kepada pihak Puskesmas Tambelan Kabupaten Bintan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien agar pasien yang berobat di Puskesmas tambelan kabupaten bintan merasa puas dengan pelayann merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pihak puskesmas. lebih baik lagi seperti penyampaian informasi keadaan pasien secara jelas, melakukan pelayanan secara terampil agar pasien merasa aman, meningkatkan performance khususnya komunikasi yang lebih baik, dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 15:05 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 15:05 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4422 |
Actions (login required)
View Item |