Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KATEGORI HOTS PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI IPA 7 SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG

HAFIZAH, NURUL and Astuti, Puji and Antika, Rindi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KATEGORI HOTS PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI IPA 7 SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
NURUL_HAFIZAH_170384202061_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (Abstrak)
NURUL_HAFIZAH_170384202061_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB I)
NURUL_HAFIZAH_170384202061_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NURUL_HAFIZAH_170384202061_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Full teks)
NURUL_HAFIZAH_170384202061_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal kategori Higher Order Thinking Skill pada materi program linear kelas XI IPA 7 SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan 4 indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IPA 7 SMA Negeri 2 Tanjungpinang yang terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Peserta didik yang berkemampuan berpikir kritis rendah, kurang mampu dalam menginterpretasi masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis, evaluasi dan inferensi. Peserta didik masih kurang mampu dalam memahami soal sehingga ketika menulis yang diketahui dan yang ditanyakan kurang lengkap, dan langsung menjawabnya dengan kesimpulan. Oleh karena itu, kesimpulan yang ditulis kurang tepat. Peserta didik yang berkemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi indikator interpretasi dan analisis namun kurang mampu memenuhi indikator evaluasi dan inferensi. Peserta didik mampu memahami soal dengan baik dan menulis yang diketahui dan yang ditanyakan dari soal, serta mampu membuat model matematika dengan benar, akan tetapi peserta didik salah dalam melakukan perhitungan sehingga mendapatkan hasil akhir (kesimpulan) yang kurang tepat. Peserta didik yang berkemampuan berpikir kritis tinggi merupakan peserta didik yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDAstuti, PujiNIP. 19881125 202203 2 007
UNSPECIFIEDAntika, RindiNIP. 19890503 201803 2 001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 26 Feb 2023 14:00
Last Modified: 26 Feb 2023 14:00
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item