Sari, Yola Febrina and Silitonga, Friska Septiani and Sabekti, Ardi Widhia (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
YOLA FEBRINA SARI_170384204028_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
YOLA FEBRINA SARI_170384204028_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf.pdf - Published Version Download (257kB) |
|
Text (BAB I)
YOLA FEBRINA SARI_170384204028_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
YOLA FEBRINA SARI_170384204028_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf Download (480kB) |
|
Text (Full Teks)
YOLA FEBRINA SARI_170384204028_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena penggunaan bahan ajar pada pembelajaran kimia menggunakan buku cetak, LKS, power point dengan metode ceramah. Penggunaan bahan ajar yang terbatas belum dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan secara optimal serta tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL agar peserta didik dapat mengikuti atau memahami proses pembelajaran kimia dan menerapkan materi kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan peserta didik tertarik dalam belajar pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi laju reaksi, dan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKPD berbasis PBL pada materi laju reaksi. Respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis PBL yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis (Analisis), tahap Design (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), tahap Implementation (Implementasi), dan tahap Evaluation (Evaluasi), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap implementasi (Penerapan). Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 20 peserta didik. Penelitian ini diuji oleh ahli materi dan bahan ajar, serta guru dan peserta didik seagai responden. Hasil validasi ahli materi didapatkan persentase rata-rata sebesar 76,78% dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi bahan ajar didapatkan persentase rata-rata 71,78% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas peserta didik didapat persentase rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 75% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi laju reaksi dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 01:44 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 01:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4557 |
Actions (login required)
View Item |