Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHUN 2021 DI SMAN 5 KUNDUR KECAMATAN UNGAR KABUPATEN KARIMUN

Wirindiany, wirindiany and Subiyakto, Rudi and Hendrayady, Agus (2023) EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHUN 2021 DI SMAN 5 KUNDUR KECAMATAN UNGAR KABUPATEN KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Wirindiany_180563201024_IAN_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Wirindiany_180563201024_IAN_Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1)
Wirindiany_180563201024_IAN_BAB 1.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Wirindiany_180563201024_IAN_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Full Text)
Wirindiany_180563201024_IAN_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pembelajaran daring merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung melainkan melalui jaringan internet. Pemerintah telah merancang berbagai kebijakan baru dalam rangka menekan penyebaran dan penanganan virus ini. Salah satunya dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 109 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada pendidikan tinggi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pencapaian pemerataan terhadap pembelajaran yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan sistem pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar tahun 2021 di SMAN 5 Kundur Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data, data primer dan sekunder, serta menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lima indikator kebijakan yang dikemukakan oleh William N Dunn. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Daring Dalam Proses Belajar Mengajar Tahun 2021 Di SMAN 5 Kundur Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun belum berjalan dengan baik dilihat dari indikatornya. (1)Efektifitas, pelaksanaannya tidak berjalan efektif dikarenakan pelaksaaan kebijakan tersebut masih terdapat banyak kendala. (2)Efisiensi, pelaksanaannya belum efisien dikarenakan masih terdapat banyak kendala seperti kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang belum memenuhi kebutuhan pendidikan. (3)Kecukupan, pelaksanaannya masih belum optimal dikarenakan pada pelaksanaannya memiliki kendala seperti kuota internet belajar dan jaringan internet yang tidak stabil. (4)Keadilan, pelaksanaannya sudah optimal hal ini bisa dilihat dari pembagian kuota internet belajar yang diberikan kepada siswa dan guru untuk melakukan pembelajaran daring. (5)Responsivitas, pelaksanaannya belum optimal dikarenakan belum menerapkan standar kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (6)Ketepatan, pelaksanaannya tidak tepat sasaran dikarenakan pelaksanaan pembeljaran daring masih banyak memiliki kekurangan dan kendala. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam melaksanakan pengevaluasian kebijakan ditemukan bahwa pelaksanaan kebijakn belum berjalan dengan optimal dan masih banyak kendala dalam penerapannya. Saran dari penelitian ini yaitu perlu adanya kerjasama yang lebih baik lagi dari Dinas terkait dan Sekolah agar pelaksanaan Pembelajaran Daring Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMAN 5 Kundur berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSubiyakto, RudiNIDN.1016127402
UNSPECIFIEDHendrayady, AgusNIDN.1005087301
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:42
Last Modified: 27 Jan 2023 07:42
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item