AFRIANSYAH, RENALDI and Akbar, Dhani and Gunawan, Desri (2023) RESPON TERHADAP PEMENUHAN HAK ESENSIAL PENGUNGSI ANAK STUDI KASUS: PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN DI KOTA BATAM 2017-2021. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RENALDI_AFRIANSYAH_190564201022_Hubungan Internasional-Cover..pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
RENALDI_AFRIANSYAH_190564201022_Hubungan Internasional-Abstrak.pdf - Published Version Download (277kB) |
|
Text (BAB 1)
RENALDI_AFRIANSYAH_190564201022_Hubungan Internasional-BAB 1.pdf - Published Version Download (714kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RENALDI_AFRIANSYAH_190564201022_Hubungan Internasional-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (Full Teks)
RENALDI_AFRIANSYAH_190564201022_Hubungan Internasional-Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Hak Pendidikan bagi pengungsi anak adalah suatau hal yang sudah seharusnya terpenuhi sejak lahir, pengungsi anak memiliki hak yang sama yaitu hak Pendidikan layaknya anak pada umunya, namun bagi pengungsi anak hak pendidikan yang seharusnya dipenuhi oleh negara dimana mereka tinggal namun pada kenyataannya selama mereka tinggal ditanah air, hak Pendidikan mereka sudah tidak lagi dipenuhi. Pendidikan bagi pengungsi anak sangat lah penting untuk mencapai cita citanya dimasa depan namun hingga saat ini masih banyak pengungsi anak yang tinggal di negara transit sambil menunggu untuk dipindahkan kenegara ketika hak pendidikannya juga tidak terpenuhi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana upaya yang dilakukan stakekeholder seperti pemerintah Indonesia, Organisai Internasional, NGOs Lokal, serta komunitas lokal yang ada di Kepulauan Riau dalam memenuhi hak Pendidikan bagi pengungsi anak di wilayah Kota Batam. Dengan menggunakan teori Neo- Liberalisme serta konsep Humanitarian terlihat bahwa UNHCR selaku organisai internasional yang menangani persoalan pengungsi menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan mandat yang diberikan oleh PBB. Adanya Kerjasama yang erat dilakukan oleh UNHCR bersama pemerintah Indonesia dan juga keterlibatan NGOs lokal dalam pemenuhan hak Pendidikan bagi pengungsi anak hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya surat edaran Menteri Pendidikan serta banyaknya sekolah sekolah formal yang menerima pengungsi anak untuk bersekolah. Dengan menggunakan metode penelitian kulitatif, hasil dari penelitian ini adalah diperlukannya Kerjasama yang erat antara stakeholder dalam pemenuhan hak Pendidikan bagi pengungsi anak, dalam Kerjasama ini juga perlu ditingkatkan Kembali agar pengungsi anak yang belum mendapatkan kesempatan bersekolah segera terpenuhi. Selain itu dibutuhkannya kontribusi lebih dari NGOs lokal dalam pemenuhan Pendidikan bagi pengungsi anak. Kata Kunci: Pengungsi anak, Pendidikan Pengungsi anak, Kerjasama Stakeholder, surat edaran mentri Pendidikan, Pemerintah Kota Batam.
Actions (login required)
View Item |