SIMARMATA, CREST WALDO and Hendrayady, Agus and Akhyary, Edy (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI TOL LAUT DALAM PROGRAM TOL LAUT DI PT.PELNI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Crest Waldo Simarmata_170563201069_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (640kB) |
|
Text (Abstrak)
Crest Waldo Simarmata_170563201069_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (BAB 1)
Crest Waldo Simarmata_170563201069_Ilmu Administrasi Negara_BAB 1.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Crest Waldo Simarmata_170563201069_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (257kB) |
|
Text (Full Teks)
Crest Waldo Simarmata_170563201069_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas perihal inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Sistem Informasi Tol Laut dalam program tol laut di PT.PELNI Kota Tanjungpinang. Dalam penerapanya, kurangnya sosialisasi menyebabkan para konsumen tol laut belom mengetahui adanya aplikasi ini dan juga masih banyak konsumen secara manual yang datang diloket pendaftaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait aplikasi Sitolaut. Data yang dapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluru data yang telah dikumpulkan dari hasil wawancara dengan pendekatan teori menurut Rogers (2003) yang mengemukakan indikator keuntungan relative yang memberikan keuntungan bagi konsumen aplikasi Sitolaut, kesesuaian terhadap inovasi aplikasi sebelumnya dengan inovasi sekarang lebih dipahami, kerumitan bagi konsumen aplikasi ada beberapa kendala yang dialami, kemungkinan untuk dicoba sangat mempunyai manfaat bagi penggunanya, dan kemungkinan untuk diamati oleh pengguna dan stackholder terkait dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa inovasi pelayanan aplikasi Sitolaut sudah cukup berhasil. Namun, terdapat dua indikator yang belum maksimal yaitu kerumitan dan kemungkinan untuk dicoba. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Sitolaut
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 14:02 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 14:02 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4876 |
Actions (login required)
View Item |