Sufriadi, Sufriadi and Subiyakto, Rudi and Setiawan, Ramadhani (2023) METODE PEMBELAJARAN BAGI SISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2020-2021 (STUDI SMAN 1 LINGGA). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Sufriadi_170563201051_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Sufriadi_170563201051_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (286kB) |
|
Text (BAB I)
Sufriadi_170563201051_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (408kB) |
|
Text (Daftra Referensi)
Sufriadi_170563201051_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Referensi.pdf - Published Version Download (400kB) |
|
Text (Full Teks)
Sufriadi_170563201051_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sehubungan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Sejak awal tahun 2020, perubahan yang drastis telah terjadi dibidang pendidikan. Pembelajaran yang didominasi pembelajaran tatap muka harus bergeser ke pembelajaran online melalui jejaring meliputu di semua jenjang pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Untuk mencegah penyebaran virus corona 2019 (Covid-19), sejumlah pedoman pendidikan telah dikeluarkan: Surat Edaran Kemendiknas Nomor 3 dan Nomor 36926 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 di Satuan Pendidikan/MPK.A/HK /2020 Terkait pembelajaran online, pendidik diharapkan mampu menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Metode pembelajaran bagi siswa serta untuk mengetahui strategi pemerintah dalam meningkatkan mina belajar di saat pandemic Covid 19 di SMAN 1 Lingga, Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis data kualitatif untuk memberikan sajian data yang mudah dipahami. Pembelajaran di sekolah SMAN 1 Lingga, pembelajaran ini menggunakan pembelajaran daring atau biasa disebut pembelajaran jarak jauh (dari rumah) dengan bimbingan orang tua dan guru. Siswa menerapkan metode pembelajaran online dan berinteraksi dengan guru melalui berbagai aplikasi yang digunakan seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet, dan WhatsApp Group. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi metode pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Responden adalah siswa, guru, dan orang tua siswa, hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 sangat bergantung pada metode dan strategi pemerintah dalam menigkatkan minat belajar siswa pada saat pandmi covid 19 di SMAN 1 lingga.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 03:45 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 03:45 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4935 |
Actions (login required)
View Item |