Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Inovasi Pelayanan Paspor Online Melalui Aplikasi M-Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjungpinang

FITRI, FITRI and Nazaki, Nazaki and Yudhanto, Satyagraha Adiputra (2023) Inovasi Pelayanan Paspor Online Melalui Aplikasi M-Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
FITRI_160565201084_Ilmu Pemerintahan_Cover.pdf

Download (811kB)
[img] Text (Abstrak)
FITRI_160565201084_Ilmu Pemerintahan_Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Bab 1)
FITRI_160565201084_Ilmu Pemerintahan_BAB 1.pdf

Download (382kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FITRI_160565201084_Ilmu Pemerintahan_Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Full Teks)
FITRI_160565201084_Ilmu Pemerintahan_Full Teks.pdf - Published Version

Download (4MB)
Official URL: hhtps://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Direktorat Jendral Imigrasi mengeluarkan inovasi dengan menggunakan aplikasi M-Paspor yang merupakan bentuk baru dari aplikasi pendaftaran antrian paspor online (APAPO). Diperbaharui Aplikasi M-Paspor karena adanya permasalahan pada aplikasi APAPO yang sering dikeluhkan masyarakat sehingga Direktorat Jendral imigrasi mengeluarkan aplikasi terbaru yaitu M-Paspor yang merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk pengajuan permohonan paspor baru dan penggantian paspor secara online. Seiringnya waktu dalam penggunaan aplikasi M-Paspor ini masih terdapat beberapa kendala, berdasarkan keterangan peneliti penggunaan aplikasi M-Paspor tersebut dalam pembuatan paspor online pengurusannya sangat mudah dimengerti. Namun dalam pelaksanaannya tidaklah berjalan mulus masih terdapat kendala dalam perihal saat pengambilan berkas, sipengguna aplikasi tersebut terlambat mengambil berkasnya dan wawancara sehingga pendaftarannya hangus dan uang tidak bisa kembali. Dan dari tinjauan lapangan bahwa sering terjadinya gangguan terhadap jaringan pada antrian paspor online maupun pelayanan dalam pembuatan paspor sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberhasilan Inovasi Pelayanan Paspor Online Melalui Aplikasi M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi terkait dengan antrian permohonan paspor secara online. Data yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori keberhasilan Inovasi. yang mengemukakan keberhasilan suatu inovasi dipengaruhi oleh karakteristik inovasi,saluran komunikasi, upaya perubahan dari agen, dan sistem sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan paspor online melalui aplikasi M-Paspor sudah cukup berhasil, namun dari empat faktor keberhasilan inovasi yang digunakan adalah karakteristik inovasi, saluran komunikasi, upaya perubahan dari agen dan sistem sosial. Terdapat dua indikator yang belum maksimal yaitu saluran komunikasi dan upaya perubahan dari agen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDNazaki, NazakiNIP. 198311032012120011
UNSPECIFIEDYudhanto, Satyagraha AdiputraNIDN. 1015068301
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: user ilmupemerintahan
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:10
Last Modified: 01 Feb 2023 06:10
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item