AIDIL, PUTRA and Afrizal, Afrizal and Nazaki, Nazaki (2019) PELAKSANAAN PELAYANAN MASYARAKAT DESA BATU BERAPIT KECAMATAN JEMAJA KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS PASCA PEMEKARAN (STUDI PADA PELAYANAN KEPENDUDUKAN ). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
SKRIPSI_JANUARI_2019.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan kependudukan di Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas pasca pemekaran. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, penelitian lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah Kepala Desa. Sekertaris Desa, Kaur Pelayanan dan 4 orang pengguna layanan di Desa Batu Berapit kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksananaan pelayanan kependudukan pasca pemekaran belum terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaan pelayanannya masih ditemui hambatan, yaitu : pertama, pada prinsip kepastian waktu tidak ada kepastian selesainya pelayanan yang disebabkan oleh jarak tempuh antar desa dan kabupaten yang jauh dan aparat desa jarang hadir dikantor ada saat jam kerja. Kedua, pada prinsip akurasi produk atau tingkat keakuratan dalam pemberian pelayanan masih terdapat kesalahan-kesalahan teknis seperti kesalahan pada pengetikan data masyarakat dan lain sebagainya. Ketiga, pada prinsip keamanan dinilai belum bisa memberikan keamanan terhadap data-data masyarakat yang dititipkan di desa sebagai salah satu syarat untuk mengurus dokumen kependudukan. Keempat, pada prinsip kemudahan akses bertemu dengan aparat desa belum bisa dikatakan mudah karena aparat desa seringkali tidak hadir pada saat jam kerja berlangsung. Menurut hasil penelitian , pemekaran yang terjadi pada Desa Batu Berapit berdampak posiif terhadap prinsip kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses gedung kantor desa, dan kenyamanan. Dengan kata lain pemekaran Desa Batu Berapit belum membawa perubahan yang lebih baik jika dibandingkan pada saaat sebelum pemekaran. Pemekaran Desa Batu Berapit belum memenuhi harapan segenap masyarakat Desa Batu Berapit yang menginginkan sebuah pelayanan yang berkualitas. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pelayanan Kependudukan, Pasca Pemekaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 361.1 Social Problems/Permasalahan Sosial, Masalah Sosial 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.5 Problems and Services to The Poor/Permasalahan dan Layanan kepada Orang Miskin, Kemiskinan 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 363.9 Population Problems/Permasalahan Kependudukan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 13:57 |
Last Modified: | 17 Jul 2021 13:57 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/530 |
Actions (login required)
View Item |