Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS PENGGUNAAN VISUAL MEDIATOR KETIKA MAHASISWA MELAKUKAN PENALARAN STATISTIS

DESI, RAHMATINA and Enditiyas, Pratiwi (2023) ANALISIS PENGGUNAAN VISUAL MEDIATOR KETIKA MAHASISWA MELAKUKAN PENALARAN STATISTIS. "AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika ", 12 (1). pp. 385-397. ISSN 2442-5419

[img] Text (Article)
Analisis Penggunaan Visual Mediator Ketika Mahasiswa Melakukan Penalaran StatistiS-dikompresi - Desi Rahmatina.pdf

Download (319kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review - Analisis Penggunaan Visual Mediator Ketika Mahasiswa Melakukan Penalaran Statistis - Desi Rahmatina.pdf

Download (294kB)
[img] Text (Similariity)
1.Analisis Penggunaan Visual Mediator Ketika Mahasiswa Melakukan Penalaran StatistiS_11zon-dikompresi - Desi Rahmatina.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Coresponding)
6.Koresponding. Judul Artikel. Analisis Penggunaan Visual.. - Desi Rahmatina.pdf

Download (810kB)

Abstract

Visual mediator dapat digunakan sebagai alat bantu berpikir dalam wacana matematika, dan merupakan bagian penting dalam proses berpikir. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan visual mediator ketika mahasiswa melakukan penalaran statistis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Mahasiswa yang terlibat dalam kajian ini sebanyak 42 mahasiswa. Empat diantara 42 mahasiswa tersebut merupakan subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Satu soal diberikan kepada mahasiswa. Soal tersebut memuat pertanyaan yang menuntut mahasiswa melakukan penalaran statistis. Analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi peran visual mediator yang digunakan mahasiswa ketika mereka melakukan penalaran statistis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) visual mediator dapat digunakan sebagai objek awal dan juga sebagai objek final untuk mempermudah dalam menghasilkan substantiation narrative, 2) visual mediator berupa grafik merupakan objek yang dapat mempermudah dalam membuat prediksi data time series, 3) diperlukan penggabungan berbagai visual mediator untuk memberikan substantiation narrative yang tepat dalam membuat kesimpulan dan prediksi data, 4) visual mediator yang sama pada individu berbeda dapat menghasilkan substantiation narrative berbeda dalam membuat kesimpulan dan memprediksi data. Kajian ini memberikan implikasi bahwa penggunaan berbagai visual mediator merupakan aspek penting dalam memahami objek serta berperan menghasilkan substantiation narrative ketika melakukan penalaran statistis.

Item Type: Article
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:52
Last Modified: 16 Jun 2023 06:54
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item