DESI, RAHMATINA (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS CALON GURU MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. "Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY ". pp. 287-294.
Text
2. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika Dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung. - Desi Rahmatina.pdf Download (666kB) |
|
Text (Peer Riview)
Peer Review - Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika Dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung - Desi Rahmatina.pdf Download (278kB) |
|
Text (Similarity)
4.Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika Dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung._11zon - Desi Rahmatina.pdf Download (696kB) |
|
Text (Coresponding)
8.Koresponding Judul Artikel, Kemampuan Komunikasi Matematis... - Desi Rahmatina (1).pdf Download (84kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki oleh calon guru matematika sehingga dapat mengemukakan gagasan dalam bertugas sebagai guru nantinya. Kemampuan komunikasi yang dimiliki calon guru tentunya berpengaruh terhadap kemampuan matematis siswa nantinya. Tujuan kajian ini adalah untuk menganalisis dan mengungkap kemampuan matematis calon guru dalam mengkomunikasikan gagasan dalam menyelesaikan masalah bangun rung sisi lengkung. Sampeldalamkajianiniadalahmahasiswa program studi pendidikan matematika semester IV Universitas Maritim Raja Ali Hajisebanyak61 mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas.Soal bangun ruang sisi lengkung terdiri dari soal pemecahan masalah tentang tabung,kerucut dan bola yang menuntut mahasiswa dapat mengungkapkan kemampuan komunikasinya, angket juga disebarkan untuk mengungkap kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi lengkung sangat rendah, kesulitan yang dihadapi mahasiswa diantaranya kurang memahami konsep dasar geometri seperti segitiga, lingkaran dan pemahaman konsep aljabar sehingga mahasiswa kurang mampu mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah bangun ruang sisi lengkung.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 07:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 07:38 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5357 |
Actions (login required)
View Item |