DESI, RAHMATINA (2016) ANALISIS KEMAMPUAN DOMAIN KOGNITIF SISWA KELAS VIII PADA MATERI DATA DAN PELUANG. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika ". pp. 71-79.
Text
Analisis Kemampuan Domain Kognitif Siswa_compressed_compressed_11zon - Desi Rahmatina.pdf Download (803kB) |
|
Text (Peer Review)
Peer Review - Analisis Kemampuan Domain Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Data Dan Peluang - Desi Rahmatina.pdf Download (286kB) |
|
Text (Similarity)
7.Analisis Kemampuan Domain Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Data Dan Peluang_11zon - Desi Rahmatina.pdf Download (987kB) |
|
Text (Coresponding)
11.Koresponding Judul Artikel, Analisis Kemampuan Domain Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi.. - Desi Rahmatina.pdf Download (125kB) |
Abstract
"Kemampuan kognitif siswa merupakan penguasaan siswa dalam domain/ranah kognitif yang diukur berdasarkan penguasaan dalam domain mengingat berbagai sumber informasi yang diperoleh siswa, penguasaan menerapkan dari informasi tersebut serta menganalisisnya. Sumber data dalam kajian ini data sekunder yang diperoleh dari The Trends in Mathematics and Science Study (TIMSS). TIMSS merupakan survei internasional tentang pencapaian matematika dan sains pada siswa kelas VIII. Survei pada TIMSS ini dilakukan setiap 4 tahun sekali dimulai pada tahun 1995. Berdasarkan TIMSS 2011,terdapat 63 negara yang ikut berpartisipasi termasuk Indonesia. Survei di Indonesia oleh TIMSS sekaligus menjadi sampel dalam kajian ini terdiri dari 5795 siswa, 2972 wanita dan 2823 laki laki serta diikuti oleh 153 sekolah. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menguji dan menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal domain kognitif yang terdiri dari pengetahuan, penerapan dan penalaran pada kontent domain data dan peluang pada siswa kelas VIII. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkat kemampuan siswa kelas VIII di Indonesia tentang kemampuan kognitif tentang data dan peluang. Sedangkan analisis inferensial menggunakan uji MANOVA untuk menguji hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif siswa berdasarkan jenis kelamin. Pengolahan data dalam kajian ini menggunakan software SPSS dan Ms.Excel"
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 08:01 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 07:44 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5360 |
Actions (login required)
View Item |