LUFITA, LUFITA and Pardi, Hilfi and Fitriyah, Dina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI TERMOKIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Cover.pdf Download (343kB) |
|
Text (Abstrak)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (BAB I)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (Full teks)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran adalah suatu sarana dalam bentuk apapun yang digunakan oleh para pengajar untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah powerpoint interaktif. Pada proses pembelajaran siswa masih kesulitan dalam memahami konsep materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji validitas dan praktikalitas dari media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dihasilkan divalidasi oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa SMAN 4 Tanjungpinang kelas IPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada materi termokimia berdasarkan penilaian uji ahli media adalah sebesar 76,78% dan penilaian uji ahli materi adalah sebesar 77,78% dengan kriteria valid. Persentase praktikalitas guru terhadap produk sebesar 100% dan persentase praktikalitas siswa terhadap produk sebesar 91,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa media yang telah dikembangkan mendapatkan kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:09 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:09 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5472 |
Actions (login required)
View Item |