Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI TERMOKIMIA

LUFITA, LUFITA and Pardi, Hilfi and Fitriyah, Dina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI TERMOKIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Cover.pdf

Download (343kB)
[img] Text (Abstrak)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB I)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Full teks)
Lufita_190384204012_Pend.Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https:lib.umrah.ac.id

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu sarana dalam bentuk apapun yang digunakan oleh para pengajar untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah powerpoint interaktif. Pada proses pembelajaran siswa masih kesulitan dalam memahami konsep materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji validitas dan praktikalitas dari media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dihasilkan divalidasi oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa SMAN 4 Tanjungpinang kelas IPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada materi termokimia berdasarkan penilaian uji ahli media adalah sebesar 76,78% dan penilaian uji ahli materi adalah sebesar 77,78% dengan kriteria valid. Persentase praktikalitas guru terhadap produk sebesar 100% dan persentase praktikalitas siswa terhadap produk sebesar 91,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa media yang telah dikembangkan mendapatkan kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorPardi, HilfiNIP.198906012019031013
ContributorFitriyah, DinaNIP.198804222019032015
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:09
Last Modified: 07 Aug 2023 02:09
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5472

Actions (login required)

View Item View Item