HARDIANTI, WINDA and Willian, Nancy and Widhia Sabekti, Ardi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DAN KUIS INTERAKTIF MELALUI APLIKASI ANDROID PADA MATERI TERMOKIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Winda_Hardianti_190384204008_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (427kB) |
|
Text (Abstrak)
Winda_Hardianti_190384204008_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text (BAB I)
Winda_Hardianti_190384204008_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Winda_Hardianti_190384204008_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (Full Teks)
Winda_Hardianti_190384204008_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran adalah bagian dari alat bantu yang berguna untuk mengirim dan menerima informasi dari materi pelajaran saat proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dan kuis interaktif melalui aplikasi android pada materi termokimia dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengembangan media pembelajaran dan hanya menggunakan buku serta mengakses media gambar melalui internet akibatnya 48,65% peserta didik tidak memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 72. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat validitas, praktikalitas, serta efektifitas dari media pembelajaran berbasis video animasi dan kuis interaktif melalui aplikasi android. Pada penelitian ini mnggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Validasi media yang dikembangkan dilakukan oleh satu orang validator media dan satu orang validator materi. Subjek penelitian yang terlibat terdiri dari satu orang pendidik mata pelajaran kimia dan 37 peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi dan kuis interaktif melalui aplikasi android pada materi termokimia valid, sangat praktis, dan efektif digunakan ataupun diterapkan dalam pembelajaran kimia dikelas. Hal ini berdasarkan penilaian oleh ahli materi 90,00% memiliki kriteria sangat valid dan penilaian oleh ahli media 72,22% memiliki kriteria valid. Presentase praktikalitas pendidik 100% dengan kategori sangat praktis dan presentase praktikalitas peserta didik 90,76% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan tabel perhitungan N-gain diperoleh skor N-gain sebesar 69,46% dengan kategori efektif sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi dan kuis interaktif melalui aplikasi android pada materi termokimia dinyatakan valid, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2023 07:30 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2023 07:30 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5525 |
Actions (login required)
View Item |