Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS KELAS VIII SMP

SAPUTRI, NOVRYARNI and Izzati, Nur and Siregar, Nur Asma Riani (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Novryarni Saputri_190384202039_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (973kB)
[img] Text (Abstrak)
Novryarni Saputri_190384202039_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (Bab I)
Novryarni Saputri_190384202039_Pendidikan Matematika_Bab I.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Novryarni Saputri_190384202039_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (Full Teks)
Novryarni Saputri_190384202039_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi teorema phytagoras kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, angket dan tes. Instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar wawancara, lembar validasi, lembar praktikalitas dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis melalui deskriptif persentase. Hasil penelitian pengembangan diketahui bahwa penilaian validitas ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh rata-rata 92,75% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas diperoleh rata-rata 88,93% dengan kriteria “sangat praktis” serta hasil uji tingkat efektifitas video pembelajaran memperoleh peningkatan tinggi yangberarti “efektif”. Dengan hasil tersebut video pembelajaran interaktif pada materi teorema phytagoras dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorIzzati, NurNIP. 197003251998022002
ContributorSiregar, Nur AsmaNIP. 198712302019032010
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:38
Last Modified: 07 Aug 2023 02:38
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item