LAHESTI, ELDA and Akhyary, Edy and Hendrayady, Agus (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF: STUDI KASUS SMP NEGERI 15 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Elda Lahesti_190563201011_IAN_Cover.pdf - Published Version Download (847kB) |
|
Text (Abstrak)
Elda Lahesti_190563201011_IAN_Abstrak.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (BAB I)
Elda Lahesti_190563201011_IAN_BAB I.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Elda Lahesti_190563201011_IAN_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (Full Teks)
Elda Lahesti_190563201011_IAN_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Inklusif adalah cara untuk membekali anak-anak tanpa adanya pemisahan, semuanya layak mendapatkan pendidikan yang baik. Fakta yang peneliti dapatkan dalam pengimplementasian kebijakan pendidikan inklusif adalah kurangnya sarana dan prasarana pendukung dan kurangnya tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif: Studi Kasus SMP NEGERI 15 TANJUNGPINANG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan indikator implementasi kebijakan dari teori Merilee S. Grindle dengan dua indikator yaitu isi kebijakan dan lingkungan kebijakan. Isi kebijakan terdiri dari: 1) Kepentingan Kelompok sasaran, yang menjadi kepentingannya yaitu wajib belajar 12 tahun dan tujuan pendidikan inklusif, 2) Tipe Manfaat, manfaat yang diperoleh adalah adanya kesempatan yang sama antara anak berkebutuhan khusus dan anak sebayanya, 3) Derajat Perubahan Yang Diiginkan, untuk derajat perubahan diharapkan anak berkebutuhan khusus memiliki ruang untuk bergaul dengan anak sebayanya dan Masyarakat, 4) Letak Pengambilan Keputusan, SMP NEGERI 15 TANJUNGPINANG memiliki kekurangan tenaga pendidik untuk mengimplementasikan pendidikan inklusif secara maksimal, 5) Pelaksana Kebijakan, pelaksana program saling berkoordinasi dengan instansi-instansi yang memiliki keterkaitan, 6) Sumber daya Yang Digunakan, sumber daya dalam pelaksanaan kebijakan ini memiliki kekurangan dana dan tenaga pendidik. Sedangkan lingkungan kebijakan terdiri dari: 1) Kekuatan, Kepentingan, Dan Stategi actor yang terlibat, sosialisasi yang dilakukan untuk memperkenalkan pendidikan inklusif melalui media, 2) Karakteristik Lembaga Dan Penguasa, pemahaman masyarakat terhadap kebijakan pendidikan inklusif terdapat kesalahpahaman, 3) Kepatuhan dan Daya Tanggap, indikator ini berjalan sesuai dengan kemampuan pelaksana dan terdapat kekurangnnya. Dari hasil penelitian keberhasilan suatu implementasi kebijakan pendidikan inklusif masih belum optimal meskipun manfaat dari kebijakan pendidikan inklusif sudah bisa dirasakan anak berkebutuhan khusus sehingga bisa merasakan bersaing dengan teman sebayanya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:33 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:33 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5590 |
Actions (login required)
View Item |