OKTAVERA, CHERRYN and Tambunan, Linda Rosmery and Susanti, Susanti (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (538kB) |
|
Text (Abstrak)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (231kB) |
|
Text (BAB I)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (451kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (353kB) |
|
Text (Full Teks)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis PBL yang valid, praktis dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar kelas VII SMP. Metode penelitian dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VII.2 SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket validasi, angket uji coba produk, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dijelaskan menggunakan angka dan uraian kalimat. Hasil validasi diperoleh informasi kelayakan E-LKPD yaitu penilaian ahli materi sebesar 84% dengan kategori valid, ahli media sebesar 87% dengan kategori valid, dan penilaian bahasa sebesar 89% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas atau uji coba produk didapatkan respon guru sebesar 96,40% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik 84,50% dengan kriteria praktis. Hasil uji efektivitas N-gain memperoleh skor 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan indikator pemecahan masalah, kemampuan pemecahan masalah peserta didik mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:15 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:15 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5594 |
Actions (login required)
View Item |